Girls Generation, Berprestasi dan Peduli
Jakarta - Girls’ Generation dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2007. Mereka adalah Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun. Penggemar sering menyebut mereka sebagai SNSD, singkatan dari nama grup ini dalam bahasa Korea, So Nyeo Shi Dae. Klub penggemar resmi Girls’ Generation bernama SNE yang diambil dari judul lagu dalam album pertama mereka.
Pembentukan Girls’ Generation diumumkan pada 16 Juli 2007. Pada awalnya, mereka diberi nama Super Girl, versi wanita dari Super Junior, disertai pengumuman resmi profil masing-masing anggota. Sebelum menjadi anggota Girls’ Generation, mereka sudah dilatih sebagai penari dan penyanyi profesional. Sebagian di antaranya sudah dilatih di bidang akting dan modeling, serta berpengalaman menjadi model iklan di televisi dan majalah.
Acara M! Countdown di M.Net 18 Juli 2007 menjadi tempat penampilan pertama Girl’s Generation. Album perdana bertajuk Girls’ Generation dirilis akhir musim gugur 2007 dengan lagu andalan berjudul sama. Pada Maret 2008, album Girls’ Generation dirilis kembali dengan judul berbeda, Baby Baby, dan dirilis singel Baby Baby dari album tersebut. Sementara itu, sebuah album EP digital, Roommate dari Jessica, Tiffany, dan Seohyun dirilis bulan April 2008. Setelah itu, Girls’ Generation ikut serta dalam konser SMTown Live ’08 bersama rekan-rekan dari SM Entertainment, BoA, TVXQ, Super Junior, CSJH the Grace, Zhang Liyin, dan SHINee. Tur keliling juga dilangsungkan di Thailand dan RRC.
Pada Januari 2009, Girls’ Generation merilis album mini Gee. Singel berjudul sama dari album Gee langsung menjadi lagu terpopuler di Cyworld pada hari berikutnya, dan menempati urutan nomor satu semua tangga lagu digital dalam dua hari berikutnya.
Dalam rangka promosi album Gee, mereka muncul dalam acara Show! Music Core bulan Januari 2009. Girls’ Generation menempati peringkat pertama 9 minggu berturut-turut dengan lagu Gee, sekaligus memecahkan rekor acara Music Bank di KBS yang sebelumnya dipegang oleh Jewelry dengan One More Time selama 7 minggu berturut-turut.
Grup ini sudah merilis dua album studio dan tiga album mini di Korea, satu album studio di Jepang serta berbagai macam singel. Singel hits mereka pada tahun 2009, Gee menduduki posisi nomor 1 di tangga lagu program musik Music Bank di KBS selama sembilan minggu berturut-turut, menjadikannya pemegang rekor sebagai lagu yang paling lama berada di posisi nomor 1 tangga lagu tersebut. Mereka juga memenangi berbagai macam penghargaan di tahun 2009 dan 2010, termasuk penghargaan Artis of The Year (Daesang) di Seoul Music Awards, Golden Disk Awards, Melon Music Awards, dan Korean Cultural Entertainment Awards.
Girls’ Generation memulai debutnya di kancah musik Jepang pada tahun 2010 di bawah label Nayutawave Records, bagian dari Universal Music, dengan merilis versi bahasa Jepang dari lagu hits mereka Tell Me Your Wish (Genie) dan Gee.
Tanggal 20 Januari 2011, di Seoul Music Awards ke-20 mereka menerima penghargaan Artist of the Year, Bonsang prize, Popularity Award dan Hallyu Award. Dengan ini Girls’ Generation menjadi satu-satunya artis di sejarah musik Korea selain Seo Taiji, Jo Sungmo dan H.O.T. yang berhasil memenangkan penghargaan Artist of the Year dua tahun berturut-turut di Seoul Music Awards. Mereka juga menjadi satu-satunya girl group dalam sejarah yang menerima penghargaan Artist of the Year di Seoul Music Awards, dan Melon Music Awards selama dua tahun berturut-turut.
Girls’ Generation menerima gelar Korea’s No. 1 Power Celebrity dari Forbes Korea. Mereka tampil di konser ulang tahun ke-50 stasiun televisi MBC, Korean Music Wave in Bangkok di Thailand pada 12 Maret 2011 yang menandai penampilan pertama mereka di Thailand sejak Pattaya Music Festival bulan Maret 2009.
Pada 27 April 2011 Girls’ Generation merilis album singel Jepang ketiga Mr. Taxi/Run Devil Run yang di dalamnya terdapat lagu original berbahasa Jepang mereka yang pertama MR. TAXIdan versi bahasa Jepang dari lagu Korea mereka Run Devil Run. Sebagian keuntungan dari penjualan singel tersebut disumbangkan ke Palang Merah Jepang untuk membantu korban gempa bumi dan tsunami Sendai 2011.
Pada tanggal 6 September 2011, Oricon mencatat bahwa Girls’ Generation telah menjual lebih dari 581.662 copy, penjualan album tertinggi group musik Korea dalam sejarah Oricon, melampaui rekor sebelumnya yang dipegang oleh TVXQ, dan sekarang memegang posisi 5 untuk penjualan album terbaik tahun 2011 di Jepang menurut versi Oricon.
Baru-baru ini, group ini mengadakan dua konser pertama mereka di Seoul pada tanggal 23-24 Juli diikuti konser di Taipei, Taiwan pada tanggal 9, 10 dan 11 Juli 2011, dan kemudian di Singapura pada 9 Desember 2011 lalu.
Pada tanggal 21 Agustus 2011, DVD 1st Asia Tour: Into The New World menduduki posisi pertama di “Tower Records” Jepang yang menjual DVD tertinggi antara 15-21 Agustus 2011.
Girls ‘Generation diklaim oleh SISA Press sebagai “Penghibur Paling Berpengaruh di Korea” untuk tahun 2011, setelah menduduki peringkat ke-6 pada 2010. (detikhot.com)
0 comments: