Facebook Twitter RSS
banner

Thursday, July 19, 2012

Sejarah Fashion Korea

Sejarah Fashion

Sejarah fashion dimulai ketika manusia mulai mengenal pakaian sebagai penutup tubuh. Ketika kita berbicara tentang fashion, kecendrungan itu mengarah kepada perempuan. Perempuan memang merupaka icon fashion yang paling utama dalam perkembangan fashion itu sendiri.

Bicara tentang fashion, kita dapat melihatnya dari bentuk dan ukuran tubuh seorang perempuan. Ada perempuan yang disebut berbentuk tubuh jam pasir, merupakan bentuk tbuh yang paling ideal dalam seburh trend fashion. Ada juga bentuk tubuh pear, yang juga memerlukan perhatian khusus pada bagian-bagian tubuh tertentu. Namun kencendungan belakangan ini, ukuran tubuh pada model, semakin kecil dan kecil saja. Bahkan kurus seperti manusia jarang makan. Hal ini tentu mempengaruhi bentuk dan gaya berpakaian yang ada.

Icon Fashion Dunia

Ketika kita bebicara tentang fashion, kita tidak terlepas dari pembicaraan tentang para perancang busana dan icon fashion dunia. Perancang seperti Donna Karan, Valentino, Gianni Versace, dan lain-lain adalah tokoh berpengaruh dalam  fashion dunia. Icon fashion yang mendunia misalnya Lady Diana, Marilyn Monroe, Madonna, Michele Obama, Kate Middleton bahkan Lady Gaga adalah icon fashion dunia, yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan fashion di dunia. Para icon fashion ini tidak hanya bersal dari para artis tapi juga kalangan istri penguasa.

Fashion Korea

Yang terbaru sekarang ini adalah trend fashion Korea, budaya Korea Selatan yang dikenal dengan nama Hal-Yu adalah usaha yang dimulai oleh pemerintah Korea Selatan sejak 20 tahun yang lalu. Pemerintah Korea Selatan membiaya pendidikan orang-orang muda berbakat, mulai dari sains hingga music dan fashion untuk belajar di luar negeri.  Mereka memang bertekat agar budaya Korea Selatan menjadi budaya yang mendunia. Tekat tersebut akhirnya terbukti, tidak hanya music dan teknologi bahkan fashion Korea menjadi trend utama dunia. Dunia sekarang ini dilanda yang namanya demam Korea, tidak hanya di Asia tapi hingga ke Amerika Serikat.
Fashion korea dimulai dari pakaian tradisional yang cukup unik dengan warna-warna cerah yang dipadu padankan, busana tersebut biasanya dipakai oleh para bangsawan pada masa dinasti joseon. Pakaian tersebut bernama Hanbok untuk korea selatan sedangkan untuk korea utara bernama choson-ot, pakain ini sering ditandai dengan warna-warna yang cerah dan garis sederhana tanpa saku.
Berikut ini beberapa contoh busana Hanbok :


Desain Hanbok
Sesuai dengan perkembangaya hanbok korea mengalami begitu banyak perubahan yang tidak lagi sesuai dengan aslinya tetapi disesuaikan dengan perkembangan jaman, hanya untuk alasan praktis saja. Sepanjang sejarah korea memiliki  tradisi pakaian dimana aristrokrat dan penguasa mengadopsi berbagai jenis campuran asing yang juga dipengaruhi oleh gaya pribumi, sementara itu rakyak jelata terus mengunakan gaya busana yang berbeda dari pakaian adat yang saat ini dikenal dengan pakain hanbok.  Hanbok dirancang untuk menfasilitasi kemudahan dalam pergerakan dan juga didukung dengan banyaknya motif yang terdapat pada pakain hanbok. Dari saat ini, struktur dasar hanbok, yaitu jaket jeogori, celana Baji, dan rok Chima, celana ketat dan kencang, pinggang panjang serta jaket dikenakan oleh laki-laki dan perempuan selama bertahun-tahun diawal periode Tiga Kerajaan Korea. Struktur dasar dan fitur-fitur desain dasar hanbok masih relatif sama dan tidak berubah sampai hari ini.



Hanbok Pria
Hanbok pria memiliki sedikit perbedaan dengan hanbok wanita bentuk dan desain jeogori dan baji hampir tidak berubah. Hanbok pria memiliki desain lebih panjang setara dengan mantel modern yang mengalami perubahan cukup drastis. Sebelum akhir abad 19, pria hampir selalu mengenakan yangban jungchimak ketika akan ke luar negeri. Jungchimak memiliki lengan yang sangat panjang dan bagian bawahnya telah terbagi pada kedua sisi dan kadang-kadang di bagian belakangnya juga sehingga menciptakan efek berkibar saat berjalan. Untuk beberapa hal ini dianggap modis, dan untuk beberapa sarjana itu diangap tak lebih hanyalah sebuah kesombongan. Daewon-gun berhasil dilarang jungchimak sebagai bagian dari pakaiannya reformasi program dan jungchimak akhirnya menghilang.
Durumagi, yang sebelumnya dikenakan di bawah jungchimak dan pada dasarnya gaun rumah tersubstitusi jungchimak sebagai busana formal untuk pria yangban. Durumagi berbeda dari pendahulunya dalam hal ini memiliki lengan lebih ketat dan tidak memiliki perpecahan di kedua sisi dan belakang. Hal ini juga sedikit lebih pendek. Hanbok pria tetap relatif sama sejak diadopsi oleh durumagi.

Hanbok Anak
Hanbok modern untuk anak-anak terdiri dari hanya dua atau tiga potong dan dapat dipakai denan mudah. Mereka biasanya terbuat dari kain lebih murah karena mereka hanya dipakai sekali atau dua kali setahun selama liburan besar seperti Chuseok dan Seolnal. Anak-anak juga berdandan hanbok pada ulang tahun pertama mereka.


SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

1 comment:

  1. lucu kali ya artis Korea nge dance pake hanbok, kayaknya ide bags tuh. mo info nih kalo lo suka sama wisata korea di FB Korea Tourism Organization Indonesia juga banyak loh ngulas kebudayaan Korea ^^

    ReplyDelete